Rabu, 16 Maret 2016

Cara Melakukan Restore pada iPhone

Cara Melakukan Restore pada iPhone

KENDATI iOS yang mentenagai iPhone, iPad, dan iPod dikenal sangat bandel dan stabil, tapi ada kalanya peranti lunak tersebut ngambek dan menolak di ajak bekerja sama. Lalu, bagaimana solusinya?

Tentu saja masing-masing problem yang muncul di iOS memiliki pemecahannya sendiri. Tapi, kalau sudah menumpuk, berlarut-larut, tidak kunjung selesai dan terus berulang, maka cara yang paling ampuh adalah menghapus isinya sampai bersih, lantas mengubahnya ke kondisi awal. Kondisi ketika kita pertama kali membuka ponsel dari bungkusnya. Cara ini disebut dengan restore. Ini adalah cara paling terakhir yang diambil oleh pengguna jika ada masalah di iOS.

Atau, memang ada kondisi untuk melakukannya. Salah satunya ketika iPhone benar-benar tidak merespon atau terjebak di layar bertuliskan “Connect to iTunes”. Maka, tidak ada jalan lain selain melakukan restore. Perlu dicatat, selama proses restore berlangsung, iTunes akan melakukan verifikasi dengan server sekaligus mengunduh iOS versi terbaru untuk di-install ke perangkat Anda. Jadi pastikan komputer atau laptop yang Anda gunakan telah tersambung dengan internet. Berikut ini ada beberapa cara restore iPhone menggunakan iTunes.

Sekadar informasi, cara ini juga berlaku untuk perangkat iPad maupun iPod Touch. 1. Langkah yang pertama adalah menonaktifkan fitur Find My iPhone terlebih dulu. Kalau fitur ini belum dimatikan, proses restore tidak akan bisa dilanjutkan. 2. Untuk menonaktifkannya, Anda bisa masuk ke aplikasi Settings, pilih iCloud, lalu Find My iPhone. Geser tuasnya dan masukkan kata sandi Apple ID Anda. 3. Selanjutnya, sambungkan iPhone dengan komputer atau laptop, lalu jalankan iTunes.

Pastikan iTunes Anda merupakan versi yang terbaru supaya proses restore bisa berjalan tanpa masalah. 4. Klik tombol “Restore iPhone…“, maka akan muncul jendela baru yang menanyakan apakah Anda hendak membuat backup data terlebih dulu. Kalau belum, sangat disarankan Anda melakukannya supaya tidak kehilangan data-data penting. 5.

Selesai backup, akan muncul jendela konfirmasi berikutnya. Klik “restore” – atau bisa juga “restore and update” kalau versi iOS Anda bukan yang terbaru – dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Binti mufarida / http://www.koran-sindo.com/news.php?r=5&n=2&date=2016-03-15

Previous
Next Post »